Selasa, 14 April 2009

tai ayam bikin dewasa

Kalo aku lagi dibikin kesel sama orang, aku anggep aja aku lagi nginjek tai ayam...

Sampai aku menemukan air buat cuci kaki aku, dan kesalku hilang...

Well.. banyak cara meredakan amarah. Untuk aku, salah satunya kalo inget kata-kata Aa’ Gym:

“Kesabaran itu nggak ada batasnya”

Kalo selama ini pepatah yang lebih sering kita denger adalah –kesabaran itu ada batasnya-, well.. aku lebih tertarik sama kata2nya Aa’ Gym tuwh... bener juga kan? Lalapo pake dibates2in, kalo dilogika aja, kita udah menanamkan di dalam kepala kita bahwa kesabaran itu ada batasnya, secara ostosmastis kita bakalan berusaha membatas2i kadar kesabaran as we think that it’s a proper thing to do.

Sedangkan kalo kita memilih untuk nggak membatas2i kesabaran, kita bakalan terpacu untuk berusaha mencapai titik kesabaran optimal yang kita bisa (am I right? Iyo ae wes...)

I just got an annoying weekend baru-baru ini. Jum’at Sabtu dan Minggu yang diawali dengan pagi yang menyebalkan. Aku pernah nulis tentang D’essentials of Confirmation kan yak? Nah... sbagai follow up dari tulisan itu, aku mau kasi tau juga kalo.. there’s another important thing follows our confirmation. What? Penuhi janjimu setelah konfirmasi kawand! Tidak cukup hanya konfirmasi saja!

Jum’at, janjian donor darah di PMI jam 08.30, dan... 08.25 si amai uda cantik uda rapi, egh... dijemputnya jam 10.00 (Kesabaran reda gara-gara iklan LA Light yang itu tuwh “Penerbangan delay 2 jam, enjoy aja!” Temen telat 1,5 jam, enjoy aja lah...!) Trus sampe PMI, untuk ketiga kalinya gag bisa donor gara-gara tekanan darah kurang dari 110. umph... sabar ae mai...

Sabtu, Udah rapi-rapi siap berangkat, trus pas dijemput langsung keluar bawa tas plus helm, eh kawandku dengan enaknya bilang “Gimana kalo besok aja? Aku hari ini ada acara tapi aku lupa kasih tau kamu!”

(Kenapa gitu kasih taunya gag sebelum jemput aja yak? Jadi kan aku gag perlu kepagian mandi, kepagian dandan, lha orang biasanya kalo sabtu aku gag mandi gag dandan).

Masih bisa reda nih, gara-gara inget a short quote yang sering aku forward ke temen2 via sms “put others first ahead of your self” umh... ya kan kasian juga temanku itu, acaranya dia kayaknya emang lebih penting daripada acara yang udah kita rencanain sebelumnya. Ok lah... masih ada kesabaran cadangan kog...

Minggu, sebagai ganti acara hari sabtu yang batal, malamnya udah konfirmasi besok mau dijemput jam 7 pagi. Tumben2an aku bisa bangun pagi trus langsung nyuci, bersih-bersih kamar, trus mandi. Pas banget jam 7 kurang lima menit ada sms masuk “Kamu di kost aja lah! Gag usah ikut ke tempatku!” kenapa lagi nih? “Gag papa!” Duwh... manis banget gag sik? Keren yak, tiga hari berturut-turut menyulut kekesalan di pagi hari. Get me an annoying weekend setelah dikesalkan karna kamis aku gag bisa nyontreng!

Aku pikir Jum’at Sabtu Minggu bisa jadi an enjoyable weekend buat mengobati kegondokan gag bisa ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi untuk pertama kalinya dalam hidupku. (Gara-gara gag punya duit buat pulang, dan lagi kalopun punya duit kayaknya bakalan eman, 170ribu buat nyontreng? emoo..oh)

Well... kalo inget kisah lalu (kaya’ lagu aja ni!). si amai ini sebenernya tipe orang yang gampang emosi, apalagi kalo udah menyangkut harga diri dan tidak dihormati. Salah satu hal yang menurut aku amat sangat berkaitan dengan hormat-menghormati.... “Kalo ada orang yang berani ngacak-acak schedule-ku” sejenis datang tanpa konfirmasi, ngaret, gag memenuhi janji, dan membatalkan janji tanpa alasan yang kuat. Dan kalo dipikir-pikir lagi, harusnya pagi ini aku udah di depan kompor bikin mie goreng dan mie rebus sekaligus dengan muka merah, gigi jadi taring semua, dan dua tanduk di kepala (karna biasanya aku kalo lagi emosi larinya ke makanan, tapi teteup langsing gini lho... hoho... pancet ae narsis). Tapi.. kenapa aku sekarang malah ada di tempat tidur, duduk manis menghadap Macaroni, ditemani Kopi? Gara-gara apa?

Inget Pepatah Tai Ayam-ku, inget kata-kata Aa’ Gym, dan a short quote tentang kepentingan orang lain itu tadi. Dan satu lagi, inget kata-kata di buku ESQ-nya bapakku yang sampai sekarang gag selesai2 kubaca “....think positively”

Hal-hal negatif itu, tanpa perlu dicari bakalan muncul dengan sendirinya kog! Tapi kalo hal-hal positif, absolutely need to be found! Misalnya aja, kasus annoying weekend-ku itu tadi, hal positif yang aku dapat adalah... aku jadi rajin mandi walaupun hari libur! Ini termasuk nice progress lho especially for my life. Serius! Aku tuwh kalo liburan jarang banget mandi! Kalopun mandi paling cuma sehari sekali. Jijay... (alesannya siy hemat sabun! Padahal ancene males kena aer dingin pagi-pagi...)

Hal positif kedua, aku jadi dewasaan gini lho... hehe.. kalo gag diginiin kapan lagi aku bisa belajar mentolerir kesalahan orang? Kesalahan-kesalahan aku aja selama ini selalu dimaafkan, and I always get another chance! Why not skarang aku melakukan hal yang sama? Kalo orang aja bisa maafin aku, pasti aku juga bisa maafin orang lain (Ya gag? Ya gag? Getting Wisdom ne kayaknya si amai... uda siap nikah! Lho? hubungane lho opo….? Wes a… mulai gag nyambung iki)

Salah satu hal paling positif yang pernah aku dapat karena dikesalkan, berkaitan sama kekecewaan gag bisa nyontreng.

Pemilu 2004 aku gag bisa nyoblos karna belom cukup umur, masi 15 tahun, nah.. pemilu 2009 uda amat sangat cukup umur buat nyontreng, tapi…. Aku sekarang lagi jadi migran sementara 4 taun buat kuliah di malang, KTP aku tetep Jogja, so… kalo mao ikut nyontreng aku musti pulang ke Jogja dan menghabiskan 170ribu itu tadi, ya ogah banget la… kalopun bisa mutasi dapil, tapi pan prosedurnya ribet, musti dapet surat pengantar dari KPPS daerah asal segala, haduh…. tewur

Nah! Dis is the positive thing I got by the disappointment of can’t use my constitutional right. Pas lagi boker… aku menemukan ide! Sebagai alternatif solusi supaya migran sementara kayak aku ni bisa tetep ikut milih, kenapa gitu KPU gag mengusahakan dua cara pemilihan? Manual dan online! Jadi migran sementara kayak aku ni bisa ikut milih via internet dengan e-Voting, sedangkan masyarakat yang belum kenal internet ya tetep bisa milih secara manual (Ya gag?)

Estonia, Brasil, dan India aja udah bisa ngadain pemilu online, kenapa Indonesia enggak? Padahal udah banyak perusahaan2 yang bergerak dalam bidang TI yang mengembangkan software pendukung buat mewujudkan pemilu online, tinggal gimana cara kita memanfaatkan fasilitas itu dengan sebaik2nya.

Dan akhirnya… jadilah aku mengajukan gagasanku itu tadi dalam bentuk PKM-GT (Program Kreativitas Mahasiswa - Gagasan Tertulis) yang kuajukan ke Dirjen Dikti. Yah… siapa tau aja ide aku bisa direalisasikan, seenggaknya ikut mikir buat kemajuan Indonesia (hoho…. Cool I am)

So… think positively! Jangan cuma meratapi kekecewaan2 yang kita dapatkan. Berfikirlah! Temukan solusinya! Hidup khan jadi lebih indah gini lho… (opo ae mai…mai…)

Kejahatan tetap ada di muka bumi ini untuk membuat kita sadar bahwa kebaikan itu ada!

Masalah selalu ada dalam kehidupan kita untuk membuat kita tau bahwa solusinya itu ada!

So! Find the positive thing in the negative experiences u got!

amai_get@married.com

Sunday, April 12, 2009

09.22 a.m.

2 comments:

Anonim mengatakan...

as

amai mengatakan...

duwh... gag niat ki yang ngasi comment! dienteni ki lho...

Posting Komentar