Kamis, 09 April 2009

ngupi

Kalo perbedaan itu fitrah, kenapa musti dipermasalahkan? (tuwh tulisan yang ada di sablonan kaos ijo yang aku pake malem ini, dapet gratis dari salah satu lembaga sosial di Jogja)

Ya iya ya, kalo perbedaan itu emang fitrah yang pasti ada di bumi ini, kenapa pula kita harus mempermasalahkannya? Well... now, i’ve no idea mattering dat thing ’difference’ itself. Am just trying to find d’rite way to make it acceptable –especially for me-

Ada sebuah kebiasaan yang kutemukan dilakukan oleh anak-anak muda Malang (kota malang maksudku, bukan unlucky boys) karna aku uda bilang boy, berarti jelas bahwa anak-anak muda disini maksudnya laki-laki instead of perempuan.

Hampir selalu dalam seminggu mereka menunaikan yang namanya ‘ngopi bareng’ di tempat ngopi (yaiyala.. masa’ iya ngopi di toko buku!!!). Ada beberapa tempat ngopi yang cukup terkenal di Malang, tapi yang termasyhur namanya AGP “Anak Gresik Punya” (opo ae, termasyhur barang, emange pendekar tapak suci?). selain AGP, ada Kopi Jalanan, The Aquanos, dan masih banyak lagi yang lainnya (kaya’ lagu Rhoma Irama J ). Yang mereka lakukan di tempat ngopi itu antara lain: makan kacang kulit, ngrokok, nyete, ngobrol, dan ngopi itu sendiri. (apaan tuwh nyete? Nyete itu mbatik! Bahasa indonesianya Membatik => melakukan kegiatan membuat batik, tapppiiii.... mbatiknya di rokok, jadi aneh aja kalo ada orang nyete di Djarum Black Cappuccino, hoho... yo gak kethok ta hasile... yo’opo e? Loro pikir sing nulis).

Kebiasaan ngopi mereka itu cukup aneh menurut aku, karena baru di Kota Malang ini aku menemukannya (pas di Jogja katro’ kali yak! Jadi gak pernah ngikut pergaulan anak-anak muda gitu, soalnya dirumah mulu’). Tapi yang lebih pengen aku bahas disini adalah, esensi dari ngopi bareng itu sebenernya buat apa sik?

Kalo aku ambil gampangnya ya! Inti dari kegiatan ngopinya mereka itu sebenernya bukan di kopinya, tapi di ngobrolnya! Kenapa bukan di kacang kulitnya? Ato di nyete-nya? Ato di ngrokoknya? Karna... yang lainnya itu pan cuma sebagai pendukung aja (kalo di audit tuwh khan ada top schedule dan supporting schedule tuwh, nah top schedulenya disini itu ngobrol) nah... begitu juga dengan kacang kulit, karna kopi itu wajarnya bakalan abis dalam setengah jam, jadi kacang kulit perlu menemani sebagai variasi untuk memperpanjang waktu, lalu rokok, ya walopun nggak ngopi juga anak-anak cowo’ gak bakalan lepas dari rokok, jadi anggep aja rokok tuwh uda wajib! Trus nyete! Apa pula’ gunanya nyete yak? Jadi rokok-rokok itu sebelum mereka sulut, mereka hias dulu pake ampas kopi yang uda mereka minum tadi (bisa dibilang melatih kreatifitas seni juga sik.... ya tapi inget aja, kalo mau nyete jangan pesen kopi instan yak!)

Banyak hal yang aku nggak setuju dari kegiatan ngopi mereka itu! Karna aku pernah dua kali ikut-ikutan ngopi demi menghormati ajakan temen dan berhubung lagi nggak ada kerjaan juga! Following is d’list of inconvenient things I found there:

Satu! Rokok! Pada saat itu kasusnya aku disana cewe’ sendiri, sehingga cuma aku saja yang merasa tersiksa dengan keberadaan asap rokok di sekelilingku (karna terus terang aku nggak tahan sama asap rokok, kecuali aku juga menikmati rokoknya! Lho!) yaiyala.. masa aku cuma dapet penyakitnya, gak dapet nikmatnya! Sama aja makan duren tapi cuma kebagian bijinya! Ah biji duren juga masi enak direbus! Lha asap rokok? Bisa apa direbus? (wes a... mulai gak nyambung iki!). kurang lebih dua jam aku duduk bersama sekitar 8 orang lainnya, dari mulai datang jam 7 sampe jam 9 malem, tuwh asap rokok gak berhenti ngebul-ngebul di sekelilingku! Tersiksa bung tersiksa....!!! mana mereka gak sedikitpun memberiku kesempatan buat ikut ngerokok pula’! selain itu –Ja’im- hehe...

Dua, nyete! Napain siy yak rokok mau disulut pake dilukis-lukis dulu! Uda la nglukisnya pake ampas kopi pula’! emang suka mengandung aneh kegiatan anak-anak muda jaman sekarang! Dan tiga, lokasi! Gak tau kenapa, teman-teman ngopi yang mengajakku waktu itu, doyan banget milih tempat di depan kamar mandi yang baunya uda gak karuan tau tuwh belom dibersi’in berapa abad! Gila’! betah banget ngopi, ngobrol, ketawa gila-gilaan di depan kamar mandi! What’s d’essential coba’? I was definitely tortured at dat time! Ewh, satu lagi! Yang diobrolin mereka apa coba? Gak jau-jau tuwh sama yang namanya cewe’ dan pornografi! Adowh… guyonannya itu loh! Gak nahan! Gak mandang aku yang masi berjenis kelamin cewe’ apa ya! (tapi kalo dipikir-pikir mereka keren juga dalam hal not influenced by d’existence of me close to them coz they didn’t even try to change their habit of talking about sex, kawaii…)

Jadi, pada saat itu, dalam keadaan itu, aku gak henti-hentinya mengutuk diriku sendiri karna suda menerima ajakan buat ngopi itu tadi! Karna! Aku menganggap mereka melakukan hal yang jelas-jelas lebih banyak gak pentingnya! Awalnya aku maklum kalo misalnya ngopi itu tadi cuma mereka lakukan dua minggu sekali ato sebulan sekali! Lha tapi kalo uda seminggu sekali ato bahkan 3 hari sekali! Berapa banyak waktu yang uda ilang gak karuan gitu? Coba bayangin! 3-4 jam yang mereka habisin disitu, seandainya mereka alihkan ke kegiatan lain yang lebih meaningful gitu, for example: ngutak-atik komputer, latian band, baca buku –gak harus buku referensi kuliah-, membantu ibu dirumah –hoho.. yang ini terlalu PPKN-, nonton film bahkan lebih ada esensinya, asal filmnya gak drama-drama aja, ya... seenggaknya ada informasi baru yang kita dapat karna nonton film, contoh filmnya itu sejenis The Da Vinci Code, August Rush, Harry & D’Coffee Theory => wik, emang ada? Itu mah Abdul & D’Coffee Theory! Itu juga bukan judul film hehe... J wes a mulai gendeng maneh arek e!

Sebenernya aku gak pengen bilang kalo ngopi itu sama sekali gak ada gunanya! Banyak kog gunanya, terutama buat bahan sharing lewat ngobrol-ngobrolnya mereka itu! Jadi mereka bisa ngelepasin kepenatan beraktivitas seharian lewat kegiatan santai kaya’ gitu, selain itu juga itu jadi media sosialisasinya mereka gitu! Kalo bapak-bapak khan medianya Rapat RT, ibu-ibu arisan, anak muda ngopi, lha kalo cewe-cewe? Moso’ nonton sinetron yang gak putus-putus dari jam 6 ampe jam 10 malem itu? Nggilani ne tala… L

Tapi… yang aku herankan itu! Kalo mereka ngopinya seminggu 2x, itu akan amat sangat berbahaya sekali bung! Look! They are able to handle 2 cups of coffee a nite. Trus kafein yang masuk ke tubuh mereka gak berbahaya gitu? Besides, rokok! 3-4 jam lebih dari cukup buat ngehabisin 5 batang at least! Berapa banyak pula nicotine yang nantinya bakalan jadi bibit-bibit penyakit di masa depan mereka?

Kacang! Mempersubur pertumbuhan jerawat lho! Belum resiko gigi kuning dan nafas bau gara-gara kebanyakan kopi dan rokok!

So guys... ngopi is not bad kalo kalian bisa membatasi berapa kali wajarnya kalian ngopi bareng-bareng itu! Dan menurutku, seminggu sekali itu udah maksimal banget! Jangan ampe seminggu 2 ato 3 kali yak! It’ll lead to any disorders next on the future lho! So! Just secure your life through decreasing your intensity of doing that ngopi activity ok!!!

Eh tapi aku jadi kepikiran buat kapan-kapan mampir lagi ke AGP, bukan untuk bener-bener ngopi siy, karna aku rencananya mau datang sendiri tanpa bala pasukan ngobrol seperti yang biasanya mereka lakukan. Biasanya khan mereka disana kumpul, ngobrol, makan kacang, ngrokok, nyete, eh satu lagi maen kartu kalo pas ada yang bawa! Mayoritas yang ada disana kegiatannya sama, ya kaya’ gitu itu tadi, padahal paling gak dalam semalem AGP bisa diisi 30-40 orang (gak bosen apa yak liat segitu banyak orang melakukan hal yang sama?). Nah… aku kepikiran buat kesana sendirian trus booking 1 area yang biasanya dipake 8 orang tapi aku pake sendiri, trus akumau bawa Macaroni kesana, jadi aku gak akan ikut-ikutan makan kacang, nyete, dan maen kartu, paling banter aku cuma bakalan ikut-ikutan ngobrol, tapi ngobrolnya cuma satu arah sama si Macaroni hehe... (jangan salah pengertian ya! Macaroni disini bukan sejenis pasta yang biasanya dikasi saos mayonnaise itu, tapi benda kecil kotak berwarna putih dan bisa dilipat –ribet banget-, Macaroni itu nama Netbook-ku kawand! Hehe…). Trus gimana cara mensiasati asap rokok? Um… kalo memungkinkan aku bakalan bawa rokok juga kesana, buat jaga-jaga biar aku gak cuma tersiksa sama asap rokok, tapi ikut menikmati juga hoho… (wes mulai uaneh iki!). Tapi tunggu-tunggu, baru kepikiran aja uda serem hik L emang gak mengandung aneh yak? Sendirian di tengah-tengah lelaki dengan aktivitas yang sama, uda gitu melakukan aktivitas yang insya Allah sama mereka bakalan dianggap aneh juga. Nti kalo ada yang nyeletuk gini gimana? Woi mbak! Kalo mao hotspotan jangan disini! Di Kedai kopi sana lho! Ato di Aquanos! Salah tempat mbak!!

Hik… pasti menusuk hati banget itu! Dan mana mau aku nimpalin buat konfirmasi kalo sebenernya aku tu gak hotspotan, tapi cuma nulis-nulis! ya... kali aja inspirasi bisa ngalir lancar kalo di tempat kaya’ gitu! Tapi... gak yakin juga siy, slama ini khan tempat aku bisa nulis enak itu di balkon kostku, sore ato malem pas matahari uda redup gitu, trus sendirian dan terhindar dari segala kebisingan. Wah.... jangan-jangan nti di AGP bukannya nulis, malah keburu disamperin duluan ama cowo-cowo gak jelas trus di ajak kenalan, ngobrol, makan kacang, ngopi, maen kartu, nyete, ngrokok (wah!!! Parah parah! Sama aja dong ama mereka jadinya kalo gitu!)

Fuuhh... yakin gak ya bisa mewujudkan ke AGP hanya berdua aja sama si Macaroni? Kalopun terwujud, berapa lama aku bisa bertahan disana dengan kondisi yang aneh itu? Targetku siy paling gak 2 jam, tapi kalo ternyata 15 menit pertama cobaannya uda berat gimana? (kaburr....!!! hik hik T_T) Tapi kalo gak pernah dicoba mana tau? Kali aja gara-gara aku memulai kebiasaan aneh itu, nti akhirnya jadi banyak yang ngikutin! Ya nggak!!! Yowes la, I’ll do d’contemplation first to realize it! Next, when I’m really sure I can confidently do dat, I’ll be there, alone! Hoho… seems cool rite?

amai@heran.co.id

Saturday, February 7th 2009

(late… 00.35 am)

0 comments:

Posting Komentar